Tips Memilih Ayam Bangkok

Tips memilih ayam bangkok.

tips memilih ayam bangkok

Penggemar ayam bangkok di Indonesia semakin banyak, namun untuk mendapatkan kualitas ayam yang baik itu semakin sulit, karena peminat untuk mendapatkan kualitas yang baik semakin banyak. Mungkin saat ini beberapa orang yang mempunyai uang lebih (orang kaya) memberanikan diri untuk mencoba buka usaha sebagai importir ayam, dengan cara memasukan berbagai jenis ayam dari negara luar ke negara kita.

Kualitas ayam bangkok di negara luar memang lebih baik apalagi daya tahan tubuhnya, jauh lebih kuat dibandingkan hasil ternak di negara kita, tapi jangan salah saat ini para peternak di negara kita sudah mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan jenis ayam bangkok yang berkualitas.

Harga untuk mendapatkan ayam berkualitas semakin naik dan menurut saya harga itu bukan jaminan karena setiap ayam memiliki kharisma masing-masing dan cara merawatnya bagaimana. Saya kasih contoh sedikit, sobat membeli ayam dengan harga 5 juta, tapi cara ngerawatnya berbeda/salah, jadi jangan kaget apabila diadu atau diabar ayam tersebut berubah dari pola mainnya atau pukulannya.

Dalam menjual ayam bagkok, tentu si penjual akan memberikan 2 pilihan kepada kita, mau liat abarannya atau dari pegangan aja ? nah harga pun berbeda, yang pasti jika sudah melihat abarnya harga lebih mahal dibandingkan dengan membeli dari pegangan.

Tips Memilih Ayam Bangkok Berdasarkan Pegangan

Tips memilih ayam bangkok berdasarkan pegangan yang selama ini diketahui oleh para botoh ayam pasti dari tulangan (kasar atau tidak) dan (rapet atau tidak). Cara ini 100% benar karena bisa langsung dirasakan saat ayam tersebut dipegang, selain itu supit ayam tersebut keras atau tidak, karena pada umumnya yang paling sering dicari untuk jenis ayam bangkok adalah Tulang kasar dan supit rapet serta kaku.
Berdasarkan pengalaman yang saya dapat dari hasil ngopi tadi malam bersama para botoh, dan saya menyimpulkan bahwa ada beberapa cara lagi untuk mendapatkan ayam bangkok yang berkualitas yaitu :
  • Tulangan kasar
  • Supit harus keras dan kaku
  • Bandan ayam tidak bongkok dan tidak kaku
  • Batang leher ayam tidak boleh terlalu panjang dan pendek
  • Panjang badan dan panjang batang leher harus sama (ya beda sedikit wajar).
  • Kibul ayam keras serta kaku
  • Tulang bawah ayam tidak boleh panjang dan tidak boleh terlalu pendek
  • Paha harus bulat pipih serta dalem
  • Jika dilihat dari depan, kaki ayam tidak berbentuk X
  • Bulu sayap harus rapet dan panjang
  • Posisi sayap tidak boleh terbuka
Dari beberapa cara diatas yang saya sebutkan pasti ada manfaatnya dan mungkin akan saya bahas semuanya nanti, agar para pencinta ayam bangkok tidak salah memilih, namun saya hanya memberikan saran kepada sobat, bahwa untuk membeli ayam bangkok yang berkualitas sebaiknya diabar atau di tren agar bisa langsung dilihat, sesuai apa gak dengan keinginan kita.

Tinggalkan Balasan