Jenis Ayam Pakhoi

jenis ayam pakhoi
Ayam Pakhoi

Jenis ayam pakhoi saat ini banyak diminati oleh para botoh, karena mempunyai kecepatan yang tidak kalah dengan jenis ayam birma, namun untuk menghasilkan kualitas yang baik sungguh sulit, karena banyak orang kadang tersaru antara jenis ayam bangkok dan ayam pakhoi,kenapa ? Karena ayam bangkok pun mempunyai tehnik menyerupai jenis pakhoi, namun yang membuat perbedaan adalah jenis pukul ayam ini.

Ayam pakhoi yang baik menurut saya adalah ayam yang mempunyai kecepatan dalam memukul serta cakut (ketip bulu) apa yang dia pegang langsung dipukul, dan mempunyai arah pukul di satu tempat yaitu badan. Untuk menghasilkan yang seperti ini sulit, seperti contoh gambar yang saya tampilkan diblog saya, ini ayam berasal dari Thailand dan masih murni, kecepatan ayam ini luar biasa dan arah pukulannya baik, selain itu harga ayam ini lumayan tinggi namun ada kekurangan yaitu ada luka bubul sedikit dan saat ini hampir bersih.

Jaman sekarang banyak orang mengatakan ayamnya adalah jenis pakhoi atau silangan karena ada brakotnya, disini saya berpendapat bahwa jenis ayam pakhoi adalah ayam yang selalu mematuk punggung atau apa saja yang dipatuk dia pukul, tidak harus cari kepala, seperti jenis ayam bangkok, dan mempunyai arah pukulan di daerah badan, selain itu mempunyai pukulan yang agak berat.

Jenis Ayam Pakhoi Tidak Mengandalkan Jalu

Jenis ayam pakhoi tidak mengandalkan jalu/taji, namun ada jalu lebih baik jika ayam tersebut cepat. Biasanya ayam ini disebut ayam khusus untuk melawan ayam birma, karena birma mempunyai tulangan yang tidak baik sehingga kontruksi badannya kurang bagus (tidak tahan pukul), selain itu berat ayam ini bisa mencapai 2,9kg – 3.3kg.

Kelebihan ayam pakhoi adalah mempunyai arah pukulan di satu titik yaitu badan atau perut, jadi lawan tidak terlihat ada luka berdarah namun yang ada luka dalam sehingga bukan tidak mungkin lawan akan kabur sendiri tanpa ada bekas luka berdarah dibagian wajah.

Ayam Pakhoi banyak di jumpai dinegara Thailand, khususnya di daerah selatan Pathum Thani dan Samut Prakan, karena jenis ayam ini adalah silangan dari ayam selatan. Apa bedanya ayam selatan dan pakhoi ?

Ayam selatan mempunyai tehnik yang hampir mirip dengan pakhoi dan bangkok karena ada turunya lalu masuk sayap, bongkar dan ngalung kanan kiri serta agresif untuk memukul, namun perbedaan yang paling jelas adalah jenis pakhoi pada saat turun tidak perlu sampai tembus kesayap dia sudah patuk pinggul ayam dan langsung pukul atau tembus sayap patuk punggung langsung pukul serta mempunyai tehnik yang lebih baik dibandingkan ayam selatan.

Ciri-ciri ayam pakhoi biasanya mempunyai poster tubuh lebih panjang serta bulat, namun agar lebih jelas langsung diabar saja hehehe…….

Salam kukuruyuk para botoh senior…………

Tinggalkan Balasan