Jenis Ayam Birma

jenis ayam birma
Ayam Birma

Jenis ayam birma yang diketahui oleh para botoh banyak sekali, karena setiap jenis ayam birma mempunyai gaya dan tehnik yang berbeda, selain itu jenis arah pukulan juga berbeda, namun birma yang baik mempunyai arah pukulan di daerah muka, karena fatal untuk musuh apabila mengenai mata lawan.

Ayam birma sangat disenangi oleh para botoh, karena mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa, selain itu tehnik ayam birma biasanya hanya pindah kepala, namun saat ini banyak sekali para peternak yang menggunakan betina pakhoi agar anaknya mempunyai brakot dan kecepatan pukul yang baik. Kreatifnya para peternak memang benar apabila kita pikir secara gampang, namun kedua jenis ayam yang ternak mempunyai arah pukulan yang berbeda, karena ayam pakhoi biasanya mempunyai arah pukulan di daerah badan dan ayam birma biasanya didaerah muka, jadi kesimpulannya tidak semudah yang dipikirkan.

Baik apabila ayam tersebut banyak brakot dan mempunyai arah pukulan di daerah muka, namun apabila mempunyai arah pukulan berbeda maka termasuk gagal, karena jenis ayam birma mengandalkan kecepatan dan harus menang cepat dan tidak perlu berganti pukulan dengan lawan, karena ayam birma mempunyai tulang yang kurang baik.

Jenis Ayam Birma Yang Baik

Jenis ayam birma yang baik tergantung dari para penghobi karena setiap jenis birma sangat berbeda baik dari kecepatan, arah pukulan, dan gaya.

Berikut ini jenis-jenis ayam birma :

  • Birma Gonstan biasanya mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan jenis ayam birma lainnya, namun tehnik ayam ini biasa saja dan bisa di bilang tidak ada tehnik (taunya mukul dari depan saja).
  • Birma Rambong biasa dibilang si dewa mabok, karena jenis ini mempunyai tehnik yang sangat baik yaitu menghindar (goyang kepala) sambil melemparkan pukulan apabila musuh melakukan serangan dan ayam ini mempuyai arah pukulan biasanya di bagian muka.
  • Birma Malau biasa di sebut tukang copet, karena tehnik ayam ini adalah lari sambil melemparkan pukulan, fatal untuk lawan apabila lawan mengikuti gaya tarung ayam ini dan saat ini para peternak sulit mencari ayam yang mempunyai tehnik lari dan melemparkan pukulan, karena kebanyakan larinya dari pada mukulnya.

Ketiga jenis birma tersebut masih murni, namun kebanyakan jaman sekarang diternak dengan jenis lain untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik, seperti :

  • Mangon (birma dan saigon)
  • Birkok (birma dan bangkok)
  • Makoy ( Birma dan pakhoi)
  • Pama jenis ini silangan breeding dari birma dan beberapa jenis ayam lainnya

Ayam birma berasal dari Myanmar dan mempunyai tulangan yang kurang baik karena berat badannya pun hanya mencapai 2,6kg – 3kg, namun apabila lebih berat lagi dipastikan oleh saya bahwa ayam itu kurang cepat, karena semakin ukurannya kecil semakin cepat ayam itu melemparkan pukulan.

Tandingan untuk ayam birma biasanya harus kalah tinggi, karena jenis ini mengandalkan pukulan yang dilemparkannya (timpuk). Tidak dipungkiri bahwa jenis ayam birma sulit mendapatkan tanding apabila jalu ayam ini sudah seruas, meskipun demikian ada juga yang tidak suka dengan jenis ini karena tulangnya terlalu kecil dan mainnya kurang baik (sulit mendapatkan birma yang benar-benar mempunyai tehnik baik).

Jika artikel ini ada yang salah mohon maaf dan mohon diberi petunjuk oleh para botoh……

Tinggalkan Balasan