Ciri-Ciri Ayam Birma Asli

ciri-ciri ayam birma asli
Ayam Birma

Ciri-ciri ayam birma asli yang kita ketahui selama ini bisa dibenarkan namun ada beberapa pemahaman berbeda dari para botoh di Myanmar, karena setelah banyak perbincangan yang dilakukan untuk menimba ilmu tentang adu ayam, mereka tertawa dan memberikan bukti bahwa kita orang Indonesia selalu berpendapat bahwa ayam birma memiliki kuku hitam, memang benar kebanyak seperti itu, tapi mereka memberikan bukti bahwa tidak semua birma kukunya hitam karena itu tergantung gen ayam itu sendiri.

ciri-ciri ayam birma asli

ciri-ciri ayam birma asli

Gambar berikut merupakan jenis birma asli yang ditunjukan kepada saya sendiri dan mempunyai kuku putih semua, dari situ saya berpendapat bahwa jenis ayam birma bukan dinilai dari kukunya melainkan tulang dan ukuran, serta wana bulu ayam tersebut.

Jenis Birma mempunyai bulu yang sangat berbeda dibandingkan dengan jenis ayam aduan lainnya, karena ayam birma pada umumnya mempunyai sayap yang kerep dan dibagian ujungnya terdapat warna atau biasanya orang bilang kaya bulu kecoa.

Sebaiknya untuk jenis ayam Birma diadu setelah mabung/ganti bulu dan sudah sering di trend, agar tulang ayam tersebut lebih kasar dan sudah cukup umurnya.

Ciri-Ciri Ayam Birma Asli Menurut Botoh Senior

Ciri-ciri ayam birma asli menurut botoh senior dari Myanmar tidak tergantung dari kuku karena kuku, bulu muka dan jengger itu adalah dari gen ayam itu, yang paling menonjol adalah tulang ayam itu dan ukuran ayam itu karena ayam birma asli tidak mempunyai ukuran yang sama dengan ayam lainnya, selain itu tulang yang dimiliki ayam birma biasanya lebih halus.

Hal yang bisa diliat dari kasat mata adalah warna bulu sayap dan sayap ayam tersebut, karena birma biasanya terdapat bulu kotor atau disebut bulu kecoa, selain itu sayapnya kerep, panjang dan agak turun kebawah.

Ayam birma selalu dipasang tanding apabila didalam aduan karena memang itu yang mereka cari. Tehnik ayam itu adalah selalu melemparkan pukulan tanpa mematuk (timpuk). oleh karena itu untuk penggemar ayam birma usahakan jalu / taji ayam agak panjang meskipun kalah tanding tapi kita menang jalu.

Sekian dan terima kasih untuk pembahasannya, jika ada salah ucap mohon dimaafkan dan di perbaiki dalam kolom komentar ya hehehhe…………….

Tinggalkan Balasan