Cara Mengobati Ayam Setelah Ngadu

cara mengobati ayam setelah ngadu
adu ayam

Cara mengobati ayam setelah ngadu sebenarnya tidak sulit dan mungkin semua bisa melakukan hal tersebut namun ada beberapa pertanyaan untuk ayam abis perang jalu, dimana ayam tersebut lebih dominan mati setelah perang jalu khususnya jalu 2 ruas atau lebih.

Pengobatan yang dilakukan untuk ayam abis perang jalu tidaklah sulit disini kita akan bahas cara pengobatan yang benar menurut para senior di Thailand, Myanmar dan kamboja. Mereka mengobati ayam kesayangannya dengan menggunakan obat yang biasa mereka gunakan namun kita orang Indonesia tentu mempunyai obat yang kita andalkan untuk mengobati ayam kesayangan kita.

Ada beberapa cara untuk mengobati ayam bangkok setelah ngadu dimana ayam tersebut abis perang jalu atau adu pukul. Jangan menganggap bahwa ayam tidak perang jalu tidak bisa mati kalau tidak diobati dengan benar, hal tersebut saya pastikan kecuali ayam tersebut menang sebentar hehehe…..

Cara Mengobati Ayam Setelah Ngadu Jalu Atau Polos

Cara mengobati ayam setelah ngadu jalu ataupun ayam polos biasanya dikasih dengan ramuan arak gosok, yang biasa dijual di toko obat, namun apabila tidak ada bisa digantikan dengan air garam. Gimana caranya dengan air garam ?
Bersihkan ayam tersebut dari darah yang bekas ngadu dengan air biasa lalu isi tempat mandi ayam dengan air secukupnya lalu masukan garam secukupnya/ seperlunya, kemudian bekas luka jalu di siram dengan air tersebut, dan biarkan ayam tersebut gerak hingga agak sedikit kering bulunya, berikan obat tersebut.
1. Cara mengobati ayam setelah ngadu polos
Bersihkan ayam tersebut dengan air hingga bersih jika tidak akan timbul kurap, lalu biarkan ayam tersebut agak kering dan berikan makanan beras merah kemudian berikan 1/2 dari potongan dodol tieh ta wan setelah selesai makan kemudian setelah bulunya agak kering oleskan arak gosok disemua bagian setelah itu masukan ayam tersebut di kandang atau tutup dengan kelambu agar tidak kena angin.
Keesokan harinya jangan pegang ayam tersebut karena akan terinfeksi meskipun ayam tersebut ngadu tanpa jalu, berikan makan dan minum seperlunya lalu tutu kembali kelambu. Jangan sentuh ayam tersebut selama 3-4 hari (lihat gairah ayam tersebut).
cara mengobati ayam setelah ngadu
2. Cara mengobati ayam setelah ngadu jalu
Bersihkan ayam dengan air biasa lalu bilas dengan air garam hingga rata agar tidak infeksi dan dugal, kemudian suntik dengan A-100 sebanyak 1cc pada bagian dada bawah ayam tersebut ingat jgn kasar melakukannya, setelah itu berikan 1 butir amoxicillin 500mg.
Pada hari berikutnya ayam ini jangan dipegang, berikan makan secukupnya berupa nasi atau beras merah secukupnya, jgn terlalu kenyang, agar telinya tetap turun dengan normal (jangan dikasih pur, karena mengandung ikan, hal ini mencegah terjadinya infeksi). Jangan sentuh ayam tersebut selama 5-6 hari untuk menjaga keselamatan ayam kesayangan anda.
cara mengobati ayam setelah ngadu
Demikian artikel cara mengobati ayam setelah ngadu, semoga bermanfaat untuk para botoh, mohon maaf apabila ada salah penyampaian, dan artikel ini diberikan secara benar dan bisa dibuktikan.

Tinggalkan Balasan