Cara Mengatasi Ayam Bantat Dalam 1 Minggu

cara mengatasi ayam bantat dalam 1 minggu

Cara mengatasi ayam bantat dalam 1 minggu adalah hal yang mudah namun kita harus melakukannya secara rutin dan teratur. Ayam bisa bantat disebabkan oleh beberapa hal yang kita lakukan setiap harinya padahal tanpa luar keinginan kita, dan bagaimana cara mengatasinya ? Coba sobat inget-inget apa yang sobat lakukan setiap harinya dan yang pasti pada waktu sore hari sobat mengelap ayam tersebut hingga bersih karena ayam tersebut adalah ayam kesayangan sobat, tapi apakah sobat sudah melakukannya dengan benar ?

Membersihkan ayam pada sore hari itu sangat baik untuk menjaga kesehatan ayam soba, namun semua itu ada caranya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti topik yang akan kita bahas yaitu bantat.

Penyebab ayam bantat karena ulah dari sobat sendiri yang terlalu sayang terhadap ayam tersebut karena pada waktu mengelap tidak memperhatikan bagian mana yang harus dilap dan bagian mana yang tidak boleh dilap.

Bagian yang tidak boleh dilap pada sore hari adalah dada ayam atau ketek ayam, hal ini pasti yang sering sobat lakukan, kenapa bagian ketek tidak boleh dilap pada sore hari ? karena pada saat ayam selesai makan di sore hari tidak melakukan aktivitas artinya ayam tersebut pasti istirahat, nah pada saat isirahat dengan keadaan basah maka daging ayam tersebut akan mengeras/melar, hal ini yang biasa terjadi didalam merawat ayam aduan.

Penyebab ke-2 adalah makan yang tidak dibatasi pada sore hari. Sobat harus ingat setiap disore hari setelah makan, ayam tersebut hanya istirahat jadi pola makan harus di taker. Berapa banyak makanan yang cukup untuk ayam disore hari ?

Siapkan gunting dan botol aqua yang tanggung berukuran 600ml kemudian gunting botol tersebut hingga mempunyai bentuk seperti gambar disamping dan coba gunakan takeran itu untuk 1 ayam, jika sudah cukup berarti sobat berhasil. Hal ini kadang tidak diperhatikan namun menurut saya sangat penting.
Penyebab ke-3 yaitu menggunakan arak gosok yang terlalu berlebihan setelah ayam di trend atau diabar pada bagian ketek dan dada ayam. Arak gosok digunakan cukup seperlunya, karena harganya mahal juga hahaha…

Cara Mengatasi Ayam Bantat Dalam 1 Minggu Menurut Saya

Cara mengatasi ayam bantat dalam 1 minggu menurut saya sangat mudah karena hanya dibutuhkan rutinitas teratur dan ini saya dapatkan dari seorang teman di negara Kamboja jadi baik untuk di share ke teman-teman yang suka merawat ayam aduan.

Cara terbaik didalam mengatasi ayam bantat adalah :

  1. Berikan makanan di sore hari sesuai dengan takeran yang sudah sobat buat.
  2. Jangan berikan beras merah untuk makanan ayam
  3. Gabah yang diberikan keadaan basah tapi tidak ada air didalam tempat makannya
  4. Setelah makan lepas dikandang umbar selama 30 menit/45 menit.
  5. Kandang umbar harus ada pasir didalamnya
  6. Urut bagian ketek ayam seperti biasa setelah 15 menit, kemudian lepas lagi hingga 30/45 menit
  7. Bersihkan bagian muka, tenggorokan serta kaki dan telapaknya.
  8. Dilarang melap atau membasahkan dada atau ketek ayam.
  9. Berikan air minum didalam kandang lalu istirahatkan
Cara itu sudah dicoba oleh saya dan nyatanya berhasil, kenapa saya bilang berhasil ? karena pada saat diabar atau di tren 2 air, ayam saya naik kakinya sangat ringan dan bagus. kenapa harus 2 air di abarnya ? karena ayam akan terlihat bantat atau tidaknya pada saat kena airan pertama. Kalau sobat gak percaya coba sobat buktikan hehehe….
Disamping cara yang saya berikan, sobat juga harus memberikan olah raga yang rutin terhadap ayam sobat dengan jadwal dan waktu, 
Semoga artikel ini bisa membantu sobat dan sebarkan kepada kawan sobat agar mereka bisa berhasil didalam merawat ayam kesayangannya, jika ada yang lebih baik tolong diberikan komentar dan kita tuker pikiran hehehe,, Salam kukuruyuk….

Tinggalkan Balasan